Cari Rumah Idaman?
hanya di
ayojualrumah.com

Mencari Hunian Ideal : 5 Komponen Dasar

31 Jul 2013

Penghuni rumah yang merasa nyaman dengan tempat yang ditinggalinya pastinya mempunyai kepuasan tersendiri setelah memutuskan ‘pilihan yang tepat’ yang dalam hal ini adalah rumah tersebut. Namun proses pertimbangan untuk mencapai kenyamanan tersebut tentunya tidak mudah dan sebentar,  hal tersebut baru terjadi setelah ditemukan kecocokan antara calon pembeli/penghuni  dengan rumah yang diinginkannya. Diantara faktor menuju kecocokan tersebut, ada beberapa yang ternyata memang tak bisa dipisahkan dari penilaian atas sebuah hunian/rumah, sebab bagaimanapun selera calon pembeli terhadap model ataupun interiornya, sebuah bangunan rumah dilengkapi beberapa komponen penting yang sekiranya bisa dijadikan referensi dasar calon penghuninya.

tips memilih rumah yang nyaman

Profil Pengembang

Dalam hal ini pengembang/developer mana yang mempunyai reputasi bisa diketahui dari sepak terjang pengerjaan dan program perumahan yang telah dirampungkan. Selain reputasi, kualitas developer dapat dilihat dari tanggungjawab dalam menyelesaikan dan melaksanakan serah-terima bangunan tepat pada waktunya, karena developer yang tidak bisa menepati kesepakatan itulah yang kemudian disebut sebagai ‘pengembang nakal’.

Lokasi dan Masterplan

Poin ini berkaitan erat dengan dampak keberadaan rumah di kemudian hari. Pertama yang perlu diperhatikan pastinya ketinggian lokasi terhadap tanah sekitar dan ada bagaimana kondisi daerah resapan air di sekitarnya, sebab kondisi tersebut yang menentukan lokasi ini rawan banjir atau tidak. Kemudian calon penghuni juga perlu mengetahui Rencana Tata Ruang Wilayah tersebut kedepannya, karena berbagai perkembangan bangunan-bangunan disekitar lokasi juga menentukan kondisi akses jalan dan transportasi.

memilih lokasi yang tepat dalam memilih rumah

Kelengkapan Fasilitas

Kesiapan bangunan untuk bisa dihuni atau belum bergantung pada fasilitas yang harus tersedia, yang terkadang karena salah satu kelengkapannya saja maka mempengaruhi penilaian dan kecocokan calon pembeli terhadap lokasi rumah. Kepastian tersedianya fasilitas hunian mulai dari air bersih, jaringan listrik dan telpon, alat pemadam, pengelolaan air limbah, taman bermain, peribadatan hingga ruang terbuka umum (lapangan atau pendopo) yang nantinya menjadi bagian hidup keseharian penghuninya, sudah selayaknya menjadi pertimbangan khusus dalam menentukan hunian.

Kualitas Bangunan

Rumah adalah bangunan dimana Anda tinggal didalamnya, jadi sudah sepatutnya untuk mengetahui kondisi dan kualitas bangunan sebelum Anda memutuskan untuk menempatinya. Selain dari segi kenyamanan, hal ini lebih berhubungan dengan keamanan penghuninya kelak. Maka selama proses survei rumah/perumahan, pastikan Anda mempertimbangkan spesifikasi, kualitas fisik, dan kualitas non fisik bakal hunian tersebut.

kualitas bangunan rumah

Kondisi Lingkungan Sekitar

Selain mencerminkan kondisi warganya, keadaan lingkungan juga akan sangat menentukan perkembangan warga yang mendiaminya. Sumber informasi untuk mengetahui hubungan antarwarga lingkungan sekitar lokasi bakal hunian bisa didapat langsung dari pengembang, atau dengan mendatangi langsung dan berinteraksi dengan warga di sekitar lokasi. Sebab kenyamanan penghuni juga dipengaruhi oleh kondisi sosial disekitarnya, maka pastikan mengetahui keadaan lingkungan yang Anda huni sebelum memutuskan untuk menandatangani KPR dan memindahkan perabot Anda.